Bebas Repot, Sekarang Pasien Bisa Daftar Pakai Anjungan Mandiri

Jumat,  18 November 2022 11:36

Metadeskripsi: Lupakan proses pendaftaran dan pengambilan nomor antrean yang merepotkan di faskes. Efisienkan proses kerja faskes Anda dengan anjungan mandiri!

Pengambilan nomor antrean dan pendaftaran kerap membuat pasien maupun keluarga pasien kerepotan. Selain itu, pendaftaran manual di loket klinik juga membutuhkan waktu dan sumber daya staf yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini, sekarang telah hadir anjungan mandiri yang akan membantu pasien untuk melakukan pendaftaran sendiri.

Dikenal sebagai APM atau Anjungan Pendaftaran Mandiri, alat ini adalah mesin yang bentuknya menyerupai ATM. Di dalamnya terdapat barcode scanner, finger print, thermal printer, layar touchscreen, QR code scanner atau berbagai alat tambahan lain yang dibutuhkan untuk ada di mesin tersebut.

Apa Saja Kegunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri?

Anjungan Pendaftaran Mandiri memiliki beberapa fungsi antara lain:

  • Memudahkan proses pendaftaran pasien baru. Dengan APM, pasien tidak perlu mendaftar ke resepsionis. Mereka bisa langsung menuju ke mesin dan melakukan pendaftaran di sana
  • Memudahkan antrean. Dengan mesin APM, pasien bisa melakukan pendaftaran antrean atau mencetak nomor antrean (setelah melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan aplikasi di ponsel)[1] 
  • Pendaftaran pasien yang akan dirawat inap. Jika pasien butuh rawat inap, pengisian dan pencetakan formulir bisa dilakukan lewat mesin APM
  • Mendapatkan informasi tentang rumah sakit. Faskes bisa memasukkan berbagai informasi seputar layanan dan data lainnya agar bisa diakses dengan mudah oleh pasien.

Seperti namanya, APM pada dasarnya digunakan untuk memudahkan proses pendaftaran pasien. Tapi pihak faskes bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mengapa Penerapan Anjungan Mandiri Perlu Dilakukan?

Meningkatnya kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan menjadi permasalahan tersendiri bagi pihak pengelola. Tanpa dukungan sumber daya berupa staf yang cukup, pasien tidak akan bisa mendapatkan pelayanan yang optimal.

Adanya teknologi APM akan membantu pengelola faskes untuk menghindari penumpukan pasien pada satu tempat sekaligus mengurangi kerumunan. Dengan kondisi faskes yang lebih kondusif dan waktu layanan yang semakin singkat, kepuasan pasien pun akan meningkat.

Ingin mulai mengimplementasikan sistem antrean yang lebih efisien di faskes Anda? Periksa.id adalah solusinya. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lengkap tentang berbagai fitur yang kami miliki!

 

Berita Terkait

PT Periksa Solusi Indonesia

Soho Pancoran, Unit 2102
Jl. Let. Jend. MT. Haryono Kav. 2-3, RT.1/RW.6, Tebet Bar., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

support@periksa.id

© 2021 All rights reserved. PT Periksa Solusi Indonesia